Tips Cara Mengecek Produk Luar Negeri Halal atau Tidak

Assalamu’alaikum semuanya. Kali ini saya mau share gimana cara mengecek halal atau tidak, terlebih untuk produk yang bukan dari indonesia.

Untuk produk indonesia bisa melalui website MUI. Jika menemukan produk yang belum halal bisa di tanyakan langsung ke pemilik produk melalui telefon.

Berangkat dari pengalaman salah satu produk minyak ikan untuk bayi dari luar. Saya browsing gimana sih, ini halal atau tidak ya?

Nah berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengecek halal atau tidaknya :

1. Membuat email kepada produsen produk tersebut

Coba cari di google alamat email dari pembuat produk tersebut. Setelah dapat segera kirim email pakai bahasa inggris untuk bertanya.

Simple aja perkenalan diri dulu terus tanya produk anda yang merk nya ini halal atau tidaknya. Setelah itu berdoa semoga dibalas oleh sang produsen.

2. Cari langsung di google

Berikutnya yang bisa dicoba cari kangsung di google dengan mengetik keyword : “is product (isi nama produk) halal or not?

Nah disini coba cari info sebanyak banyaknya, jangan cuma dari website di paling atas aja ya.

Cek juga validitas websitenya. Bisa dari bahasa yang dipakai, alamat domainnya, dan dalil yang dipakai. Oke kita lanut ke tips berikutnya.

3. Cek bahan produk satu per satu

Di tahap ini coba cek setiap bahan produk yang digunakan. Caranya? Ketik di google satu satu lagi seperti tips nomer 2 tadi, tapi ini bahannya ya.

Jika setelah melakukan ketiga hal diatas masih tetap ragu, ada baiknya ditinggalkan dahulu. Agar kita merasa lebih aman dan tenang saat mengkonsumsi barang tersebut.

Sementara itu dulu ya. Postingan ini nanti akan saya update jika mendapatkan info terupdate

Punya ide tambahan? silahkan komen dan berikan saran anda langsung ya, agar bisa memberikan manfaat bagi orang banyak. Demikianlah artikel cara mengecek suatu produk halal atau tidak.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *